Senin, 26 Agustus 2019

contoh teks ceramah


Jilbab Itu Indah Di Kalangan Remaja
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nastain waala umuriddun ya waddin washolatu wasalamu ala asrofil anbiya’i wal mursalin amma ba’du.
            Yang terhomat Ibu Jumiati S.Pd., selaku guru mapel Bahasa Indonesia kelas XI MIPA 2, dan teman teman kelas XI MIPA 2 yang saya sayangi. Pada kali ini, marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat berupa kesehatan kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Dan tidak lupa, sholawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafaatnya di dunia, akhirat dan yaumil akhir.
            Hadirin yang berbahagia.
            Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah dengan topik “Jilbab Itu Indah Di Kalangan Remaja”. Memang ceramah ini saya tujukan khususnya untuk para wanita, tetapi para pria dapat menyampaikan informasi ini untuk ibu, kakak, dan saudara perempuan lainnya.
            Hadirin yang dirahmati Allah.
            Jilbab merupakan kerudung lebar yang dikenakan wanita muslim untuk menutupi tubuh bagian kepala, leher, dan dada. Tetapi pada zaman sekarang masih banyak remaja yang enggan memakai jilbab dengan alasan antara lain:
a.       Banyak remaja berpikir kecantikan akan berkurang kalau memakai jilbab.
Rosulullah selalu tampil bersih dan mengajak umatnya untuk menjaga kebersihan. Islam juga menganjurkan agar seseorang memakai pakaian bersih dan rapi. Jadi, dengan memakai jilbab, kita akan terliaht bersih dan rapi.
b.      Banyak remaja berpikir kalau usia mereka masih muda untuk memakai jilbab.
Mungkin sebagian dari kita sudah berpikir kalau perempuan muda lebih baik menutupi kecantikannya. Tetapi, ada pula yang berpikir kalau perempuan muda boleh memakai baju seenaknya, untuk menikmati masa mudanya. Dan mereka berpikir bahwa perempuan tualah yang cocok memakai pakaian jilbab. Kita tidak tahu berapa umur kita di dunia ini?, jadi mari kita bertaubat sebelum malaikat maut mendatangi kita.
c.       Banyak remaja takut melepaskan hijabnya setelah memakainya.
Naudzubillahi mindzalik. Jika kita masih ragu untuk memakai jilbab secara permanen, kita bisa menggunakan jilbab secara bertahap. Kita perlu ingat bahwa jilbab adalah identitas taubat. Dan Allah mencintai orang yang bertaubat.
            Dalam Q.S. An- nur ayat 31, menjelaskan bahwa wanita harus mengenakan hijab sampai bawah dada mereka. Berhijab memiliki beberpa manfaat, antara lain:
a.       Menaati perintah agama
b.      Menutupi aurat
c.       Menjadikan kita lebih baik
d.      Mencegah kanker kulit
e.       Menjaga kesehatan rambut
Hadirin yang berbahagia.
Dari hal hal yang telah saya sampaikan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa berjilbab itu membawa diri kita ke dalam kebaikan. Saya berharap kita semua dapat memantapkan jiwa dan hati kita untuk berjilbab secara permanen.
Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan, saya menucapkan terimaksih atas perhatiannya. Dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun tingkah laku saya di hati hadirin.
Wabillahi taufik walhidayah.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar